blog counter






  • Asongan Kebab : Suze Marie
  • Tukang Jagung Brondong : Ida
  • Juru Sobek Karcis : Yuli Bean
  • Centeng : Sitorus
  • Petugas Kebersihan : Mina





  • Bioskop Ferina
  • Bioskop Panas!
  • Bioskop Reygreena




  • Blogger

    FinalSense

    Amazon

    Yahoo

    Ebay



  • Loket 1 : Antie
  • Loket 2 : Jody
  • Loket 3 : Kobo
  • Loket 4 : Perca
  • Loket 5 : Qyu
  • Loket 6 : Tanzil
  • Calo Tiket





  • August Rush (2007)

    Ugly Betty (1st Season)

    The Kite Runner

    MR. BROOKS

    FLIGHT PLAN

    THE TWILIGHT SAMURAI

    MARIE ANTOINETTE

    THE MOTHER

    PRIME

    THE BRAVE ONE







    Sabtu, 16 Februari 2008
    The Shawshank Redemption

    Sutradara: Frank Darabont
    Skenario: Frank Darabont (dari cerpen Stephen King "Rita Hayworth and Shawshank Redemption")
    Pemain: Tim Robbins, Morgan Freeman, Bob Gunton, dll
    Masa putar: 142 menit
    Produksi: Castle Rock Entertainment
    Tahun: 1994

    Sudah lama DVD Jack Sparrow film ini ada di kotaknya, tetapi baru sempat semalam aku putar. Film yang keren. Diangkat dari cerita pendek karya Stephen King yang berjudul "Rita Hayworth and Shawshank Redemption" film ini berkisah tentang seorang banker, Andy Dufresne (Tim Robbins) yang divonis bersalah atas kematian istrinya dan selingkuhan sang istri, seorang pemain golf profesional. Meskipun Andy membantah dakwaan tersebut, tetapi para juri di pengadilan sepakat dengan vonis bersalah atas dirinya. Banker cerdas itu harus menjalani hukuman penjara di Shawshank Prison Parole Board.

    Andy paham betul, hidup di penjara sangat keras dan kejam. Oleh karena itu ia butuh teman yang dipercaya dan dapat diandalkan. Instingnya yang jeli lantas menagkap sosok Ellis Boyd "Red" Redding (Morgan Freeman ) sebagai orang yang bisa dijadikan teman.Sel mereka berdampingan. Mereka segera menjadi akrab satu sama lain di penjara yang dipimpin oleh seorang sipir jahat bernama Warden Norton (Bob Gunton) dengan "anjing" setianya, Kapten Hadley (Clancy Brown). Pasangan kejam ini tak segan-segan menghabisi nyawa para tahanan yang melawan atau tak mau mematuhi peraturan penjara. Kedua karakter ini pas banget mewakili kondisi penjara yang suram, keras, dan kejam. Adegan-adegan pemukulan, pengurungan di ruang isolasi, dan penembakan (pembunuhan) tergambar dengan bagus. Kekerasan bukan saja dilakukan oleh sipir dan petugas penjara, tetapi juga terjadi di antara para tahanan. Biasanya berupa bullying para senior kepada juniornya (pendatang baru).

    Tak terkecuali Andy pun mengalami perlakuan serupa dari geng The Sisters yang dikomandani oleh Boggs. Andy sempat diperkosa oleh geng ini walaupun ia melawan sekuat tenaga. Untungnya, Boggs kemudian dipindahkan ke penjara lain setelah satu insiden yang menyebabkan Andy harus masuk rumah sakit.

    Andy yang yakin dirinya tidak bersalah, sejak hari pertama di penjara telah menyusun rencana pelarian dirinya.Dengan cerdiknya ia memesan sebuah martil kecil kepada Red yang dikenal mampu memenuhi setiap pesanan barang dari para penghuni penjara dengan barter sebungkus atau dua sigaret. Untuk menyempurnakan rencananya, Andy juga memesan batu-batu dan poster Rita Hayworth (bintang film cantik yang sangat terkenal di tahun itu). Ketika tahun terus berganti, Andy memesan poster lain, seperti Marlyn Monroe dan Raquel Welch.

    Lantaran kecerdasannya, Andy lalu dipercaya untuk menangani pengelolaan perpustakaan penjara (aduuuh..aku suka bagian ini, saat Andy dengan fasih menyebutkan pengarang-pengarang novel terkenal seperti, Alexander Dumas). Ia menyurati banyak pihak di luar penjara untuk membantu perpustakaan tersebut. Usahanya tak sia-sia. Surat-suratnya berbalas beserta bantuan dana dan sumbangan buku-buku. Andy semakin dipercaya oleh Norton.

    Pada 1965, Shawshank kedatangan seorang penghuni baru, Tommy Williams (Gil Bellows). Anak muda ini sudah sering dipenjara sebelumnya untuk kasus-kasus kecil. Saat mendengar cerita tentang Andy, ia jadi teringat kisah seorang teman satu selnya di penjara terdahulu yang menguatkan fakta ketidakbersalahan Andy dalam kasus kematian istrinya dua puluh tahun lalu. Namun, alih-alih dibebaskan, Andy malah dikurung di ruang isolasi selama sebulan dan Tommy yang malang dibungkam selamanya.

    Informasi Tommy semakin memperkuat tekad Andy untuk kabur dari Shawshank dan ia benar-benar melaksanakannya pada suatu malam yang diguyur hujan lebat. Ia lolos lewat lubang di dinding selnya. Lubang itu dibuat dengan palu kecil yang selama ini disembunyikan dengan sangat sempurna di dalam alkitab. Sementara lubang tersebut ditutupi oleh poster seksi Welch. Sungguh cerdik. Norton kalang-kabut dibuatnya. Bukan itu saja, Andy juga rupanya diam-diam telah melaporkan segala penyimpangan yang dilakukan sipir penjara itu sehingga Norton dan Hadley harus diamankan.

    Seluruh kisah film ini dipandu oleh narasi yang dibwakan Red. Film ini dengan bagus banget menggambarkan kehidupan di penjara. Bagaimana para narapidana di sana harus pandai-pandai menyiasatinya agar bisa survive menghadapi segala kekejamannya. Seperti yang dikatakan oleh Red, "That's it. You fight. It's better that way. Prison is not fairy-tale world."

    Empat bintang untuk film keren ini.
    Endah Sulwesi
    2 Comments:

    gw pernah baca di sebuah majalh film, kalo ini film termasuk film yang banyak dicari kolektor saking bermutunya ini film. Jadi kalo anda menemukan dvdnya buruan dibeli...

    2/21/2008 10:06:00 PM  

    dvd bajak laut :)
    tp ini mmg film keren kok.

    2/23/2008 12:16:00 PM  

    Poskan Komentar

    << Home